Tugas Pendahuluan 2 Modul 3 Percobaan 3


Percobaan III

I2C - Keypad & LCD

1. Prosedur [Kembali]

  • Rangkailah seperti rangkaian berikut
  • Buka Arduino IDE dan masukan listing program
  • Upload program ke arduino
  • Variasikan kondisi keypad dan amati keluarannya pada LCD

2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

    1. Arduino Uno

    2. Keypad

    3. LCD

    4. Power supply

    5. Ground


Diagram Blok:




Rangkaian Simulasi

Prinsip Kerja:

    Pada rangkaian percobaan 3 kondisi 2 ini menggunakan dua arduino yaitu sebagai master dan slave. Dimana master bertanggung jawab sebagai pengirim data yang diinput dari keypad dan slave sebagai penerima data dan menampilkan pesan tersebut pada LCD. Kedua arduino berkomunikasi melalui I2C (Inter Integrated Circuit), yang memungkinkan perangkat mikrokontroler saling berkomunikasi secara digital melalui pin SDA dan pin SCL.
        Pada arduino master terhubung dengan inputan dari keypad untuk memasukkan karakter dimana karakter akan dikirimkam melalui jalur I2C ke slave. Dimana jika key 1 - 9 menampilkan karakter nomor 9 - 1 secara berurut di kolom kedua LCD. Data dari arduino master diterima melalui jalur I2C dimana fungsi 'Wire.begin()' akan saling menghubungkan master dan slave secara otomatis. Pesan yang dikirim dari input keypad master akan ditampilkan pada LCD.
 
  • Arduino Master

  • Arduino Slave


    Listing Program:
  • Arduino Master
//Master Arduino
#include <Keypad.h>
#include <Wire.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
 {'9', '8', '7'},
 {'6', '5', '4'},
 {'3', '2', '1'},
 {'*', '0', '#'},
};
char rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
char colPins[COLS] = {5, 4, 3};
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup()
{
 Wire.begin(); // join i2c bus (address optional for master)
}
//byte x = 0;
void loop(){

 char key = keypad.getKey();

 if (key) {
 Wire.beginTransmission(4); // transmit to device #4
 Wire.write(key);
 Wire.endTransmission(); // stop transmitting
 }
}

  • Arduino Slave

 //Slave Arduino

#include <LiquidCrystal.h>
#include <Wire.h>
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2); // Sesuaikan pin sesuai dengan koneksi LCD
void setup()
{
 lcd.begin(16, 2);
 Wire.begin(4); // join i2c bus with address #4
 Wire.onReceive(receiveEvent); // register event
 Serial.begin(9600); // start serial for output
}
void loop()
{
 delay(100);
}
// function that executes whenever data is received from master
// this function is registered as an event, see setup()
void receiveEvent(int howMany)
{
 char c = Wire.read(); // receive byte as a character
 Serial.println(c); // print the character
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 1);
 lcd.print(c);
 delay(100);
}

5. Kondisi [Kembali]

   key 1 - 9 menampilkan karakter nomor 9 - 1 secara berurut di kolom kedua LCD.

Download HMTL Klik disini
Download Simulasi Rangkaian Klik disini
Download Program SLAVE Klik disini
Download Program MASTER Klik Disini
Download Video Simulasi Klik disini
Download Datasheet ARDUINO UNO klik disini
Download Datasheet lcd Klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN AKHIR M4

MODUL 4 MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]   DAFTAR ISI 1. Pendahuluan 2. Tujuan 3. Alat dan Bahan ...